5 Tips Memulai Blog Untuk Pemula

Bila ingin membuat blog, ada dua cara untuk melakukannya. Salah satu yang paling umum adalah membuat blog dengan Niche bahasan yang sedang viral dan sedang trend saat ini. Namun, masalahnya adalah bahwa pasti sudah ada banyak blog di internet yang membahas hal itu, sehingga membuat persaingan makin berat dan peluang blog untuk sukses jadi lebih sulit.

Cara lain untuk melakukannya adalah dengan membuat blog yang membahas dan mengeksplorasi suatu topik spesifik yang belum banyak dibahas oleh situs blog lain di internet, sehingga kita bisa mencuri peluang. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan 5 tips Memulai Blog Untuk Pemula – Walaupun mungkin ini adalah strategi lama.

Tips Memulai Blog Untuk Pemula - 5 Tips Memulai Blog Untuk Pemula
Tips Memulai Blog Untuk Pemula

5 Tips Memulai Blog Untuk Pemula

1. Lakukan Analisis Tingkat Persaingan

Salah satu bagian terpenting untuk memulai blog baru adalah menganalisis kompetisi yang ada di lapangan untuk setiap topik yang Anda putuskan untuk dibahas. Meskipun ada beberapa topik di internet yang belum pernah ditulis sebelumnya, tetap penting untuk mengetahui kata kunci yang populer, jenis persaingan yang akan Anda miliki, dan bagaimana tingkat pesaingan blog Anda nantinya.

2. Tambahkan Konten Visual dan Gambar Asli/Unik

Sebaiknya foto yang Anda gunakan di blog Anda adalah foto yang Unik/Asli dan begitu juga bila anda ingin memakai visual video, bila anda mendapatkab foto tersebut dari web penyedia gambar gratis, tidak ada salahnya bila anda melakukan modifikasi sedikit sehingga gambar menjadi Unik dan tidak sama seperti yang banyak beredar di Internet. Kebutuhan konten visual pada blog adalah suatu keharusan, karena bisa menunjang konten menjadi lebih informatif dan mesin pencari sangat menyukai hal ini.

3. Kumpulkan dan Perbanyak Daftar email

Kirimkan dan promosikan konten anda lewat Email, karena cara ini bisa mendatangkan lalu lintas yang hebat sehingga semakin banyak daftar email yang anda kumpulkan, maka semakin banyak orang yang bisa kirimkan kontent terbaru anda untuk mendapatakan lalu lintas ke blog anda. Namun, penting juga untuk melakukan seleksi, sehingga sasarannya memilik Kualitas.

4. Lakukan Promosi Blog

Tidak ada jalan lain; Anda harus mempromosikan blog Anda. Ini bukan berarti harus melakukan iklan online dengan biaya yang mahal, anda bisa berkreasi dengan melakukan promosi blog dengan biaya murah, misalnya dengan sharing di media sosial atapun web directory. Di internet banyak contoh Blog yang bisa menjadi lebih populer dan ramai pengunjung hanya dengan mengandalkan promosi seperti ini

5. Pastikan Blog Mendukung Perangkat Mobile

Bila blog Anda tidak mendukung untuk ditampilkan di smartphone dan tablet (Mobile Friendly), Anda akan kehilangan banyak pengunjung. Akhir akhir ini Google banyak menghapus situs responsif non-seluler dari hasil pencarian jika pencarian dilakukan dari smartphone atau tablet. Mengingat sebagian besar penjelajahan dilakukan dari ponsel saat ini, sehingga sebuah blog tanpa dukungan mobile pasti gagal. Baca Juga : Jumlah Pengguna Tablet dan Ponsel Telah Melebihi Pengguna PC Desktop di Internet

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan blogger baru adalah ngeblog dengan pola pikir yang salah. Blogging itu membutuhkan waktu, sebelum Anda dapat melihatnya sebagai sumber pendapatan. Terkadang, meski mengetahui hal ini, blogger sering menyerah terlalu awal dalam usaha tersebut. Yang benar adalah bahwa meski kelihatannya mudah, blogging pada dasarnya tidaklah mudah sama sekali. Ini bukan tempat bagi mereka yang mencari uang dengan cepat atau dengan tidak mau berkorban untuk menginvestasikan sesuatu. Blogging adalah permainan jangka panjang yang hanya diperuntukkan bagi kita yang benar-benar cukup bergairah tentang bidang tertentu. Jika Anda konsisten melakukan hal yang benar, maka pada saatnya, kesuksesan akan datang.

Salam Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *