5 Elemen Penting Penulisan dalam Blog

Elemen Penting Penulisan dalam Blog – kali ini kita akan membahas elemen penting dalam penulisan konten artikel dalam sebuah blog. Terkadang blogger pemula memilih untuk membuat artikel alakadarnya, yang penting bisa post. Ternyata hal tersebut belum lah tepat. Ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan agar tulisan kita menjadi sukses dibaca oleh reader. Salah satunya adalah mulai dari judul, paragraph pertama, dan beberapa hal penting lainnya. Yuk kita simak apa saja sih bagian penting dalam penulisan konten artikel di dalam blog.

Elemen Penting Penulisan dalam Blog
Elemen Penting Penulisan dalam Blog

Elemen Elemen Penting Penulisan dalam Blog

1. Judul Konten

Judul memberikan kesan pertama, hal ini mutlak untuk diperhatikan dalam penulisan di blog. Setiap harinya pembaca akan ditawarkan ribuan judul artikel di internet. Maka, anda harus membrikan judul yang menarik perhatian pembaca. Sehingga, pembaca ingin membaca lebih lanjut tentang isi tulisan anda. Ada baiknya dalam membuat judul disingkat dan to the point, tujuannya agar pembaca segera tahu maksud yang ingin anda sampaikan. Nah, untuk membuat judul, ada baiknya anda memahami dulu apa saja informasi yang dibutuhkan oleh sebagian orang. Dengan begitu anda bisa membuat judul yang menarik. (Baca Juga : 7 Tips Membuat Judul Artikel Blog yang Baik)

2. Paragraph pertama dalam konten

Jika sudah membuat judul yang menarik, maka pembaca akan meneruskan pada paragraph pertama dalam konten artikel anda. Ada beberapa tip yang bisa anda gunakan dalam membuat paragraph pertama pada konten artikel blog anda. (a) anda bisa menulis ringkasan post di awal. Bisa seperti kesimpulan isi konten anda, (b) beri sedikit kalimat Tanya. Dengan membuat kalimat Tanya akan memunculkan rasa penasaran. (c) beri kutipan atau quote yang terkenal. (d) anda juga bisa menambahkan cerita yang menarik sesuai dengan isi konten artikel anda. (e) beri gambar atau foto pada paragraph pertama. (f) gunakan imajinasi pembaca. Buatlah isi konten anda seakan pembaca hanyut dalam isi tulisan dengan berimajinasi.

3. Menulis Konten Blog

Nah, jika judul dan pragraf pertama sudah OK, maka selanjutnya adalah menuliskan konten Blog. Untuk membuat konten blog yang bagus, kalian bisa membuat mind map terlebih dahulu. Mind map merupakan konsep diagram yang diperkenalkan untuk membuat ide dengan kata kunci. Mind map dapat membantu saat kehabisan idea tau lebih memfokuskan pada topic yang akan di bahas. Ada pun proses pembuatan mind map adalah dengan menuliskan judul blog anda, kemudian buatlah anak cabang setiap kata kunci dari judul blog.  Lalu buat anak cabang lagi, kemudian ulangi hingga membuat pola cerita yang menarik.

4. Membuat List

Banyak pembaca yang suka membaca artikel blog melalui list. Nah, ada baiknya anda membuat konten dengan model list. Bentuk artikel informasi yang disajikan dalam format list akan membuat mudah dipahami dan membuat pembaca dapat menyerap informasi lebih efisien.

5. Menambahkan Links

Menulis blog rasanya sangat kurang lengkap jika tidak tanpa tambahan link sebagai bagian dari referensi dan tentunya sebagai strategi agar blog anda bisa ditemukan melalui search engine. Nah, sebagi tips jangan sesekali menggunakan klik di sini atau click here sebagai bentuk link referensi. Berikan link pada kata kunci yang tepat agar bisa menuju blog kamu yang lain sehingga bisa anda referensikan di dalam blog.

Nah, itulah Elemen Penting Penulisan dalam Blog.

One thought to “5 Elemen Penting Penulisan dalam Blog”

  1. Terima kasih atas informasinya ya admin danforblog
    Singgah juga ke Website saya ya,terima kasih ^_^
    Domino99-Sahabatkartu.net
    https://binaleo.com/trik-berrmainan-domino-qiu-qiu-online/
    https://binaleo.com/sahabatkartu-net-agen-domino99-terpercaya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *