4 Kesalahan Fatal Yang Sering di lakukan Pada Desain Blog

Apa Kesalahan Fatal Yang Sering di lakukan Pada Desain Blog ? Blogging dan perancangan adalah dua hal yang berbeda dan kebanyakan desainer bukan blogger, tapi blogger selalu (sering) menjadi desainer ??? (he..he..). Blogger sering melakukan banyak perancangan ke blog mereka tanpa ada bantuan siapapun, ini tentunya merupakan hal yang sangat positif. Tapi yang membuat ini terlihat buruk adalah saat melakukan rancangan itu sendiri, kita sebagai blogger sering membuat banyak kesalahan fatal pada desain blog sehingga membuat blog jadi gagal total.

Sekarang anda melihat kembali blog Anda dan memcoba mengevaluasi desainnya, apakah baik atau justru sangat burung mempengaruhi kinerja blog itu sendiri. Berikut Kesalahan Fatal Yang Sering di lakukan Pada Desain Blog tanpa mempedulikan pengunjung (atau tanpa sadar).

4 Kesalahan Fatal Yang Sering di lakukan Pada Desain Blog
4 Kesalahan Fatal Yang Sering di lakukan Pada Desain Blog

Kesalahan Fatal Yang Sering di lakukan Pada Desain Blog

1. Pilihan Font Yang Buruk:

Font pada blog adalah hal yang paling penting, karena font adalah sesuatu yang harus selalu dilihat oleh pembaca.

Memilih font yang buruk dan tidak menarik juga akan membuat blog Anda terlihat kurang menarik. Font yang buruk termasuk font ukuran ekstra besar atau ekstra kecil, font bergaya terlalu banyak norak dan yang sulit dibaca ataupun yang terlalu tebal, dll.

Pencampuran Font yang Buruk: Banyak yang menyarankan agar blog menggunakan lebih dari satu font sehingga terlihat profesional. Sekarang yang penting adalah pilihan font. Font utama dengan font sub nyat seharusnya tidak terlihat berbeda satu sama lain, tapi juga harus terlihat profesional dan praktis saat ditempatkan bersama. Banyak kawan kawan blogger pemula yang tidak mengerti hal ini dan membuat kombinasi font yang terlihat buruk sehingga menghancurkan desain blog yang seharusnya sudah terlihat bagus.

Warna Font: Biasanya Warna font sebagian besar sudah disetel perancang Template secara default, namun beberapa blogger mencoba mengubah warna judul H1 atau H2, dan justru terlihat semakin buruk. Saran kami biarkan warna font tema seperti apa adanya, tapi jika Anda benar-benar ingin mengubahnya, mintalah saran dari kawan kawan blogger lain yang anda kenal.

2. Warna Background (Latar Belakang) Blog yang Membuat Pengunjung Tidak Nyaman:

Pada umumnya, latar belakang putih sederhana bekerja dengan baik. Tapi beberapa blogger mencoba melewati batas dan memberi beberapa warna atau bahkan gambar sebagai latar belakang blog.

Ini justru akan mengganggu pembaca karena memecah pikiran mereka untuk melihat banyak hal sekaligus dan pembaca merasakan kurang enak dalam pandangannya, yakinlah pembaca akan meninggalkan blog semacam itu sesegera mungkin mereka bisa menekan tombol di browsernya.

3. Logo Blog Yang Tidak Tepat:

Logo bisa mewakili brand blog lebih dari yang kita duga. Memebuat nama blog dengan gaya serta kombinasi tidak semua membutuhkan logo. Logo juga harus relatif, tergantung Niche blog Anda.

Misalnya, jika blog Anda adalah blog berita, usahakan agar warna logo blog anda terlihat menyala, sementara blog di niche game harus membuat warna logo sedikit kreatif dan cerah.

Ingat: Logo adalah identitas Anda dan hal yang penting di blog Anda. Luangkan waktu dalam merancang logo atau anda bisa meminta bantuan seseorang untuk merancangnya untuk Anda.

4. Ukuran Gambar Konten, Terlalu Kecil / Terlalu Besar:

Gambar memainkan peran penting dalam konten, untuk membuat artikel terlihat lebih menarik oleh pengunjung. Tapi untuk mendapatkan hasil maksimal dari gambar, Anda perlu fokus pada kualitas dan ukurannya.

Kualitas gambar yang lebih baik tentu akan membuat konten terlihat lebih. Jadi hindari menggunakan gambar terlalu kecil dan terlalu besar, sesuaikan dengan area post di blog anda.

Juga, jangan menyalin gambar mentah mentah dari blog lain, lakukanlah sedikit perubahan dengan mengcrop atau menambah tulisan atau mengganti nama file gambar.  Atau bisa dengan membuat sendiri atau menemukan beberapa gambar bebas royalti dari situs gambar yang banyak tersedia di Internet (Baca: 20 Situs Penyedia Gambar Gratis untuk Blog atau Media sosial Anda)

Ukuran gambar yang terlalu lebih besar juga bisa memperlambat loading laman blog. (Baca : Cara Saya Meringankan Loading Blogg)

Pastikan untuk menghindari Kesalahan Fatal Yang Sering di lakukan Pada Desain Blog tersebut, karena dapat menjatuhkan reputasi blog Anda dan sehingga blog anda bisa kehilangan pengunjung yang sudah baik terbangun selama ini.

Dan semoga ulasan mengenai Kesalahan Fatal Yang Sering di lakukan Pada Desain Blog nya bermanfaat.  Salam danforblog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *