2 Meta Tags yang Mempengaruhi Ranking SEO Halaman Web

Jika seseorang berpikir bahwa dengan menambahkan meta tags di halaman web akan meningkatkan peringkat halaman hasil mesin pencari dengan cepat, maka pemikirannya salah. Tapi tag meta membantu mesin pencari dan pengunjung untuk memahami apa itu isi website atau konten. Meta tag sangat bagus untuk menyimpan info tentang halaman web antara tag HTML pembuka dan penutup. Informasi yang disebutkan dalam meta tag tidak ditampilkan di halaman dalam browser namun tetap berguna bagi mesin pencari untuk mengidentifikasi tentang halaman web.

2 Meta Tags yang Mempengaruhi Ranking SEO Halaman Web
2 Meta Tags yang Mempengaruhi Ranking SEO Halaman Web

Meta tag adalah tag resmi HTML yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang halaman web dalam bentuk teks. Informasi ini berguna tapi tersembunyi dari para pengunjung. Ada dua tag meta utama atau dasar yang secara langsung mempengaruhi hasil rangking halaman hasil pencarian dari halaman web. Kedua tag ini akan dibahas secara singkat di bawah ini.

2 Meta Tags yang Mempengaruhi Ranking SEO Halaman Web

1. Meta Description Tags:

Meta tag deskripsi adalah sangat penting dalam praktek SEO atau optimasi mesin pencari. Tag ini menyimpan deskripsi singkat tentang informasi mengenai apa blog atau halaman web anda. Informasi atau deskripsi singkat ini akan digunakan oleh search engine sebagai menunjukkan atau deskripsi pencarian di bawah judul dan link pada indeks hasil halaman mesin pencari. Praktik terbaik untuk menggunakannya adalah antara 100 karakter huruf sampai kurang dari 155 karakter saat menulisannya.

Contoh Cara Menulis Meta Description Tags:

<meta name=”description” content=”DANFORBLOG.com adalah blog yang mengulas topik tentang Blogging, Sosial Media, Bisnis Online, Teknologi, Motivasi, dan topik menarik lainnya” />

 

Tag Deskripsi Meta

2. Meta Keywords Tags:

Meta tag kata kunci atau Meta Keywords Tags terlihat seperti contoh berikut.

<meta name=”keywords” content=”keyword 1, keyword 2, keyword 3…….” />

Sering dikatakan bahwa meta tag kata kunci atau Meta Keywords Tags saat ini sudah mati dan tidak lagi penting untuk praktek SEO. Dan bahkan di beberapa mesin pencari lain, web anda bisa dianggap sebagai spam karena penggunaan tag ini.

Jadi mohon di pahami bahwa tujuan membahas meta tag kata kunci di sini adalah untuk memberi tahu Anda tentang fakta bahwa Meta Keywords Tags jangan digunakan secara berlebihan, supaya blog anda tidak diangga SPAM. Dan jika Anda membuat blog dengan template atau tema siap pakai, Anda mungkin akan menemukan tag kata kunci meta di sana. Jadi sekarang Anda tahu efek samping dari tag ini, Anda disarankan untuk bijak menggunakannya dengan bijak atau bahakn menghapusnya sama sekali sebelum meluncurkan situs Anda.

BACA:  Cara Menghilangkan Hyperlinks Dari Semua Gambar di Blogger / Blogspot

Salam Blogger


disiplin-pakai-masker

Guest Post

2 thoughts to “2 Meta Tags yang Mempengaruhi Ranking SEO Halaman Web”

  1. sorry nih gan, ane mau tanya, buat keyword yang tidak dianggap spam, idealnya berapa keyword ya? terima kasih. Terima kasih juga tipsnya

    1. Halo Ahsan, coba menjawab ya.

      Sebuah artikel itu dibuat untuk pengunjung. Ada 2 tipe pengunjung pada website, manusia dan robot (google-bot, bing-bot, yahoo-bot).
      Robot, akan mengindeks ke mesin pencari.
      Manusia, akan membaca tulisan artikel untuk mencari informasi.

      Kesalahan penulisan pada umumnya adalah terlalu banyak keyword sehingga malah yang manusia malah jadi ngga bisa baca dan mengambil informasi pada artikel yang ditulis. Akibatnya, langsung terjadi klik keluar website karena dirasa tidak ada informasi yang bisa diperoleh.

      Disini, Google (dkk) akan menilai terjadinya banyak bounce rate. Sehingga yang tadinya bisa nongkrong dihalaman utama Google, akhirnya dirasa tidak penting oleh si Google sendiri karena banyak terjadi bounce rate.

      Keyword yang baik biasanya 0,7% – 2,5% dari total kata yang ada.

      Salam,

      Nagari Studio.
      Let’s Challange

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot ! *