13 Jenis Artikel Posting Untuk Konten Blog Anda

Mengetahui jenis-jenis artikel/posting untuk konten blog itu penting. Sebab tak jarang ketika blogging, ada kalanya kita tiba-tiba menjadi kehabisan ide apa yang akan kita posting selanjutnya. Atau ketika kita meng-update konten yang melulu sama bisa-bisa blog kita menjadi monoton dan membosankan. Akhirnya pembaca pergi satu per satu tanpa pamit dahulu.

Nah, bagaimana kemudian solusi agar kita bisa terus meng-update konten dengan konsisten. Tanpa harus kehilangan ide menulis. Banyak hal yang bisa kita lakukan. Misalnya mencari inspirasi dari blog lain yang sejenis, ataupun bahkan yang tidak ada hubungannya sama sekali, bisa  juga dengan membaca berita-berita terbaru. Situs-situs berita, seperti kompas, detik, dan viva bisa membantu.

Cara lain adalah dengan mengetahui jenis-jenis posting blog. Setidak-tidaknya ada 8 jenis posting blog yang saya ketahui selama ini. Dengan menerapkan jenis-jenis posting berbeda untuk konten blog kita, bukan hanya kita mendapatkan ide tulisan baru tapi juga menghindari blog kita dari kesan monoton dan membosankan.

13 Jenis Artikel Posting Untuk Konten Blog Anda
13 Jenis Artikel Posting Untuk Konten Blog Anda

13 Jenis Artikel Posting Untuk Konten Blog

Apa saja jenis-jenis artikel/posting blog itu? Berikut uraiannya…

#1. Artikel Definisi

Artikel definisi adalah artikel yang menjelaskan secara rinci pengertian suatu hal baru. Tipe posting ini sangat banyak dicari pembaca sebab membantu orang memahami suatu hal tertentu yang belum diketahui artinya. Tipe artikel ini sangat cocok terutama bagi anda yang berkutat pada niche blog seputar tekhnologi, marketing, psikologi atau apapun niche-niche yang memiliki istilah-istilah yang rumit. Misalnya artikel “Apa itu Personal Branding?” atau “Apa itu content Marketing?”

Jika anda ingin menulis artikel definisi untuk konten blog anda, pastikan anda menjelaskan dengan rinci dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Bantulah pembaca sebisa mungkin untuk mengerti dengan lengkap dan utuh tentang topik yang dimaksud.

#2. Artikel How To/Panduan/Tutorial

Jenis artikel lainnya yang juga banyak dicari adalah artikel panduan atau tutorial step-by-step dalam melakukan/menjalankan sesuatu. Di sebut juga artikel how to. Misalnya Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis, atau 7 Langkah Mudah Mengedit poto dengan photosop agar tampil lebih cantik.

Artikel jenis ini pun harus dibuat dengan rinci dan dengan bahasa yang mudah dan ringan. Biasanya juga disertai dengan gambar-gambar pendukung, agar semakin mudah pembaca untuk memahami. Artikel yang berisi tips dan trik dalam melakukan sesuatu juga bisa dikategorikan dalam jenis artikel ini.

#3. Artikel Berita

Jenis artikel lainnya adalah artikel berita yang berisi tentang informasi terbaru pada suatu hal. Contohnya situs-situs berita seperti detik, kompas, viva dan lain-lain. Seorang blogger pun bisa memposting artikel berita di blognya. Terkait dengan update informasi terbaru pada bidang yang digelutinya. Misalnya blog tentang internet marketing, bisa menulis tentang berita informasi terbaru di dunia internet marketing. Apakah itu berupa rilis produk baru atau perubahan fitur baru. Misalnya “Google merubah domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id.”

#4. Artikel Persuasi/Motivasi

Jenis artikel motivasi dan persuasi juga banyak dicari oleh para netizen. Orang-orang membutuhkan bahan bacaan yang membangkitkan semangat mereka. Dan bisa mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

#5. Artikel Resource

Artikel Resource adalah jenis konten yang lebih utama menyediakan resource-resource yang bisa di download baik gratis maupun berbayar. Bisa berupa ebook, software, maupun aplikasi. Konten yang semacam ini juga sangat menarik bagi penjelajah internet. Apalagi jika kita memberikan resource-resource tersebut secara gratis.

#6. Artikel Review

Kalau jenis artikel/posting sebelumnya kita menyediakan resource gratis/berbayar, maka jenis artikel yang satu ini adalah review jujur tentang suatu produk atau layanan. Jika kita pernah mencoba suatu produk atau jasa, kemudian kita menulis pengalaman dan pendapat kita selama mencoba produk tersebut, maka itu artinya kita telah menulis artikel review.

Faktanya artikel jenis ini juga snagat banyak dicari, sebab orang ingin mengetahui informasi lengkap mengenai sesuatu, sebelum memutuskan untuk membeli. Sehingga kunci kesuksesan artikel ini adalah kejujuran kita dalam mereview produk/layanan tersebut.

#7. Artikel Studi Kasus

Artikel yang berupa studi kasus menjelaskan secara rinci bagaimana langkah-langkah praktis dalam melakukan sesuatu. Berbeda dengan artikel panduan, artikel studi kasus ini harus dilengkapi dengan data-data yang lebih lengkap serta statistik yang mendukung. Misalnya seorang blogger yang membuat posting studi kasus bagaimana blognya muncul di halaman pertama google, maka langkah-langkah secara detail, serta data-data tentang keberhasilannya itu harus dibuktikan. Misalnya dengan gambar screen shoot.

Artikel semacam ini sangat diburu oleh pembaca sebab mereka bisa belajar secara langsung dari pengalaman seseorang yang sudah terbukti berhasil.

#8. Artikel Wawancara

Seperti namanya artikel wawancara, berisi cuplikan wawancara yang kita lakukan dengan seseorang yang sudah dianggap ahli/sukses pada suatu bidang. Misalnya blog tentang fotografi, bisa menuliskan artikel wawancara dengan fotografer senior seperti Darwis Triadi atau Arbain Rambey.

Artikel jenis ini juga disenangi oleh banyak pembaca, sebab bisa belajar langsung dari orang yang sudah sukses.

#9. Artikel Perbandingan

Artikel perbandingan berisi review yang membandingkan antara 2 atau lebih produk/jasa/layanan/figur. Misalnya artikel yang berisi perbandingan ngeblog di blogspot dan wordpress. Atau membandingkan tentang Christian Ronaldo vs Leonel Messi.

#10. Artikel Cerita/Kisah/Biografi

Artikel jenis ini juga disenang oleh netizen. Yakni artikel yang berisi tentang cerita atau kisah hidup seseorang serta konflik yang dihadapi. Artikel cerita atau kisah bisa selain berdasarkan kisah nyata, juga bisa berupa cerita fiksi. Cerita-cerita fiksi juga memiliki segmen pembaca tersendiri.

#11. Artikel Hiburan/Lucu/Meme

Artikel hiburan, lucu-lucuan juga banyak sekali di gemari orang. Yang paling terbaru saat ini berupa meme-meme lucu. Selain disenangi orang, artikel konten yang berisi meme juga banyak di share oleh orang di akun media social mereka. Sehingga ini tentu keuntungan bagi anda pemilik artikel, sebab semakin banyak pengunjung yang datang ke blog anda.

#12. Artikel Daftar

Artikel yang berupa list atau daftar hingga saat ini masih menjadi yang paling powerfull. Artikel ini sangat digemari oleh pengunjung sebab menjanjikan kemudahan, dan kepraktisan. Contohnya artikel yang sedang anda baca ini atau perhatikan saja sampul-sampul majalah, banyak artikel yang berupa list/daftar terhadap sesuatu.

#13. Artikel Podcast/Video

Artikel konten yang berisi podcast atau video juga digemari, sebab orang lebih senang menonton video daripada membaca artikel.

Itulah 13 jenis artikel/posting untuk konten blog. Anda bisa memilih untuk memperkaya blog anda dengan menulis beberapa jenis artikel konten yang cocok. Tidak semua juga jenis artikel ini cocok, memang sebagai blogger dituntut untuk bisa berimprovisasi artikel konten tanpa harus kehilangan brand identity.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA, Maaf ini untuk menghindari SPAM Robot...! *